Skip to content

Pembuatan Surat Domisili

Surat Domisili adalah surat pernyataan dari pemerintah desa bahwa pemilik yang tertera didalamnya merupakan warga pendatang yang sudah melaporkan kedatangannya pada kepala kewilayahan atau lembaga atau perusahaan yang beroperasi di area pemdes tersebut. Dengan begitu pemilik atau yang memiliki surat Domilisi tidak dikategorikan pendatang haram atau liar.

Jika anda pendatang di desa Sebarra dan ada keinginan untuk menetap lebih dari 2 minggu hingga waktu yang tidak ditentukan, surat domisili harus anda miliki dan silahkan datang lansung ke kantor desa Sebarra dengan terlebih dulu lapor kepada ketua RT atau Kepala Kewilayahan dimana anda berada. 

Persyaratan membuat Surat Domisili:

  • Berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki Kartu Tanpa Penduduk (KTP)
  • Surat Pengantar dari RT dan RW atau bersama ketua RT.
  • Lampiran fotokopi KTP dan KK

Untuk Perusahaan

Bahkan usaha kecil menengah atau UKM membutuhkan Surat Keterangan Domisili perusahaan. Jadi, meskipun kamu pemilik usaha kecil dengan kekayaan bersih tidak lebih dari 200 juta yang termasuk bangunan tempat usaha itu berjalan beserta dengan tanah.

Untuk bisa mendapatkan SKDU itu sendiri, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun dokumennya adalah sebagai berikut.

  • Formulir SKDU
  • Fotokopi KTP Pemohon
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) pemohon
  • Fotokopi NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak pemohon
  • Surat keterangan persetujuan dari tetangga sekitar
  • Surat pengantar dari RT dan RW
  • Bukti kepemilikan usaha atau bukti perjanjian sewa jika bukan milik sendiri
  • IMB atau Izin Mendirikan Bangunan tempat usaha yang digunakan
  • Foto tempat usaha yang diambil dari Google Maps

Sedangkan manfaat dan fungsi umum surat Domisili untuk warga pendatang, adalah sebagai berikut :

Dengan SKD, anda bisa membuat rekening Bank.  Jika salah satu persyaratannya adalah SKD baik sebagai pelengkap atau pengganti KTP, maka nasabah harus membawa dokumen tersebut agar permohonan segera diproses.

Mereka yang mengurus pernikahan juga bisa jadi membutuhkan Surat Keterangan Domisili (SKD) terlebih jika alamat tempat tinggal berbeda dengan alamat KTP. Atau dokumen ini juga bisa menjadi pengganti kartu identitas agar pernikahan bisa berjalan sesuai rencana dan sah secara negara.

Ada beberapa perusahaan yang menjadikan dokumen identitas diri ini sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar kerja jika mereka tidak memiliki KTP. Dengan kata lain, dokumen ini bisa menjadi pengganti sehingga para pelamar kerja yang belum memiliki atau kehilangan KTP masih tetap bisa melamar pekerjaan di posisi yang dipilih.

Tujuan dari SKD sebagai persyaratan pendaftaran sekolah adalah untuk melengkapi data siswa didik baik yang nantinya disetorkan online atau offline. Tidak hanya itu, ini juga bertujuan agar pemerintah bisa memetakan persebaran anak usia sekolah di Indonesia.

Jika tidak bisa mendapatkan atau menggunakan surat keterangan pindah karena satu dan lain hal, maka anda bisa memanfaatkan SKD. Surat ini membuktikan bahwa anda sedang berdomisili di tempat atau wilayah yang tertera di dalam surat tersebut.

Ada banyak program bantuan pemerintah yang diperuntukkan bagi masyarakat sesuai sasaran dan tujuannya. Jika kamu merasa layak untuk mendapatkan bantuan tersebut, maka bisa mengajukannya. Untuk hal tersebut, SKD mungkin saja dibutuhkan jadi pastikan kamu sudah tahu bagaimana agar bisa mendapatkan surat keterangan yang menjelaskan dimana kamu berdomisili jika tempat tersebut tidak sesuai alamat di KTP.